Minggu, 22 Januari 2017

Ke Turkiye dengan Qatar Airways dan City tour di Doha tanpa Visa!

Hola,

Akhirnya saya sudah kembali dari liburan panjang untuk pertama kalinya keluar negeri dan sendirian udah kaya orang beloon celingak celinguk kaga jelas untungnya ga nyasar pas di bandara dan akhirnya merasakan masakan Indonesia kembali. Ugh, bahagianya.

Kali ini saya mau berbagi cerita selama perjalanan saya ke Mexico. Gue terbang ke Turki dengan pesawat Qatar Airways dari Malaysia. Untuk penerbangan Jakarta-Kuala Lumpur gue terbang dengan Lion Malindo. Jam 11 malam waktu Jakarta saya meluncur ke Malaysia, harusnya sih terbang jam 9 malam. Tapi karena delay yaudah terbang jam 11 deng. Sampai di Malaysia jam 1 pagi.  Pas di Malaysia gue langsung menuju tempat imigrasi untuk keluar bandara dan check-in lagi buat nanti pagi pesawat jam 5.30. Hal yang gue lakukan selama 5/6jam di bandara KUL adalah tidur di bangku-bangku deket tempat check-in, tapi ga bisa tidur akhirnya videocall-an sama kakak yang ada dirumah dan kakak gue selalu ngingetin untuk jangan tidur!zzzz. Trus gue bosen vidcall sama kakak akhirnya gue memutuskan untuk makan di McDonald lokasinya tetep didalam bandara, gajauh dari tempat check-in. Pokoknya tempat keliaran gue ga jauh-jauh dari tempat check-in. Makan di McDonald, coba bayar pake debit bank BCA ternyata ga bisa, yauda akhirnya gue memutuskan selama perjalanan dan sampe pulang gue bakalan pake Credit Card terus. Harga makanannya ga jauh-jauh beda sama di Jakarta ternyata. Karena gue makan sekitar jam 3 subuh, jadi menu yang gue ambil adalah menu breakfast.

Jam 5.30 pun tiba saatnya check-in. Yeay akhirnya penerbangan saya akan dimulai pada jam 8.15. Selesai check-in, cus langsung ke bagian imigrasi buat keluar dari Malaysia dan langsung menuju tempat boarding. Karena tempat boarding belum buka yaudah boboan sendirian disana karena cuma gue doang yang ada disana sangking rajinya, abis bingung mau ngapain lagi takut kesasar dan ketinggalan pesawat jadi mendingan deket-deket pesawat aja:( bosan sudah melanda saya waktu nungguin boarding:( akhirnya yang ditunggu tiba, tepat pada pukul 8.15 pesawat saya meluncur.


Saatnya meluncur! Penerbangan kali ini lumayan panjang, hampir 8jam didalam pesawat. Gue duduk ditengah-tengah badan pesawat ada 4 kursi ditengah badan pesawat (lupa difoto maaf ya udah cape banget dan ngantuk), dan alhamdullilah disamping gue gada orang, jadi gue bisa buat kasur 2kursi disamping gue. Bapak-bapak yang disebelah gue cuma ngeliatin ajasih ga ngomong apa-apa. Mungkin tau kali ya kalo ini bocah kasian amat gitu udah kaya bocah ilang dipesawat. Pas lagi tidur sekitar 2jam tidur (sumpah ini pules), gue dibangunin sama pramugara ganteng gewla ga ketulungan gantengnya, dia tanya gue mau makan apa. Mereka kasih info saat itu ada menu ayam, daging dan ikan. Gue pilih ayam. Abis makan, coba ngutak-ngatik tv yg ada didepan gue. Untung gue kaga norak-norak amat ya, jadi ngerti dikitlah. Filmnya bagus-bagus. Tapi berhubung gue udh pernah nonton semua, jadi gue memutuskan untuk tidur lagi. Dibangunin lagi sama pramugara buat makan lagi, kalo gasalah makanya pasta deh.

Dan, sampailah saya di DOHA! Yeay, seneng banget gitu pas nyampe Doha perjalanan jauh anak umur 21th yang tiap jam ditelfonin orangtua terus selama di Malaysia, sekarang malah makin jauh perjalanannya. Masih ga nyangka nyampe Doha:') Karena saya transit sekitar 18jam di Doha, jadi saya gak buru-buru banget pas keluar pesawat, saat udh diluar pesawat saya ikutin terus petunjuk buat transit dan nanya sama petugas dibandara lewat mana kalau mau transit, ternyata mudah banget. Sebenernya kalau ga mau nanya sama petugas juga bisa kok, tinggal ikutin arah petunjuk aja karena disana udah lengkap banget. Selesai pemeriksaan barang gue coba nanya sama petugas lagi dimana tempat buat istirahat yang enak kalo transit selama 18jam, dan petugas tersebut langsung nyuruh gue kebagian informasi yg jaraknya sebrangan dari gue hahaha. Trus gue nanya sama mba-mba cantik itu. Mba-nya bilang gue dapet ruangan Quiet Room. Gue seneng gitu ternyata gue dapet ruangan buat istirahat, akhh akhirnya bisa tiduran beneran juga. Pas lagi nyari ruangan tersebut, gue coba sekalian muter-muter dan nyari desk buat ikutan City Tour Doha by Qatar Airways sesuai dengan blog-blog orang yang udh gue baca dan udah ngerasain City tour ini. Lokasinya ternyata bener deket boneka gede warna kuning itu, langsung aja gue kesana dan ketemu 2 mba-mba, baru aja gue mau ngomong salah satu dari mba tersebut bilang gini.

👧: Indonesia ya?
👩: Iya, kok tau mba?
👧: Mukanya Indonesia banget hehe, mau ikutan city tour yang jam berapa?
👩: mmm yang jam 4 aja deh mba, biar bisa ngerasain matahari sama bulannya Doha hahaha
👧: okedeh, nanti jam 3an udah disini ya, soalnya nanti diabsen dulu dan ngantri buat di imigrasi jadi kira-kira butuh satu jam sebelum naik ke bis.
👩: oh gitu, btw mba jauh banget kerjanya
👧: gak jauh kok, sama ajakan 8jam kaya jakarta jogja.
👩: lah?hahaha iya juga sih... mm makasih ya mba.

Percakapan yg akward itupun selesai. Ini hasil jepretan gue selama di dalem bandara. Kira-kira begini foto yang saya dapat






Pas ngeliat ini bandara, gue cuma bisa bilang. Ini bandara keren banget! Bagus super megah! Mewah! Luar biasa #prokprokprok. Gue suka banget sama ini bandara, nyaman banget. Selesai keliling-keliling. Akhirnya gue menemukan ruangan gue. Ternyata ruangan itu ada isinya sekitar 40 orang. Mereka semua lagi pada tidursih, jadi bangku gitu tapi bisa selonjoran. Quiet room, yak sesuai namanya. Isinya 40orang tapi emang savety banget, tapi tetep jangan percaya sama orang yg ga dikenal ya! Lupa difoto buat ruangan ini, karena ga kepikiran hehe. Waktu sudah pukul jam 3, saatnya balik lagi ke desk city tour buat ikutan touring gretongan, yuhuuuuu. Seneng bangetsih saat itu, bisa keluar bandara dan jelong-jelong, ada gate-nya juga jadi kalo bingung tinggal nanya aja sama gate-nya. Sampe disana kita diabsen, kira-kira ada 20orangan yg ikut city tour ini dan cuma gue doang yg pake Hijab. Trus Gate-nya bagiin kita kartu yg kartunya udh gue upload diatas tuh, dan Gate-nya bilang kalo kartu yang kita pegang ini adalah sebagai visa kita keluar Doha selama beberapa jam, yg nantinya kartu ini kita serahin kebagian imigrasi. Wah seru banget! 
Lagi ngantri di imigrasi, perasaan gue kayanya ada salah satu dr rombongan ini yg ngeliatin gue mulu. Bukanya kepedean, tp emg beneran. Akhirnya ini cowo bule negor gue, ternyata dia dr Zerman, mau ke indonesia ke daerah aceh. Dia mau negor gue karena liat paspor gue yg dr Indonesia. Maklum, paspor gue tuh gue pamerin mulu hahahah, biar tau gitu kalo gue dr Indonesia:)) #apabanget. Akhirnya kita ngobrol banyak dan mutuskan buat jadi chairmate gue di dalem bis. Selama perjalanan, pemandangannya adalah gedung pencakar langit yang tinggi banget, hotel-hotel megah, tanah kosong yang luas banget dan orang yang lagi pada olah raga dan baru balik ngantor. 

Pertama kalinya kaki gue nginjek negara diluar airport, yap Qatar. Luar negeri ternyata keren banget ya, beda saama Indonesia. Pas lagi didalem bis gue sadar gitu, ternyata bener orang butuh jalan keluar negeri itu emang harus liat yang beda, yang belum pernah kita liat sebelumnya. Disini gate-nya selali ngebangga-banggain Qatar hahaha, si bule Zerman sampe panas kupingnya karena ini Gate sombong banget. Guesih ga ngerti ya apa emang sombong apa emg kenyataanya Negara Qatar se-wah itu. Gate-nya bilang Qatar lebih mahal dari europ dan us. Semua yg tinggal disini cuma orang kaya dan kaya banget. Rata-rata pada punya istri 3. Kehidupannya sangat maju dan ga ada orang miskin disini. Kalo ini gate lagi ngebanggain Qatar, si bule Zerman suka ngeledek gitu hahaha, sayangnya foto gue sama si Bule Zerman ga ada. Adanya di hp dia, gada di hp gue:( 

Pertama yang disinggah adalah Museum Of Islamic Art, tapi kita ga masuk hanya diluarnya aja. Gatenya bilang kita ga boleh jauh-jauh dari rombongan, kalo ilang nanti repot urusannya dan ngerugiin yang lain jadi harus tetep sama-sama ya!. Disana panas? Kaga! Dingin, tapi ga banget 15° lah waktu itu gue ngerasainya. Jd gue pake coat, padahal itu lokasinya deket pantai, tapi dingin. Ini foto-fotonya.




Cus ke tempat yg kedua, kita pergi ke Katara Cultura Village, tempat ini keren banget! Mungkin ini tempat di Qatar yang paling keren kalo kata gue. 



Disini keren banget, jadi harusnya gue ada video air mancur api gitu #apasih, pokoknya gitudeh. Kalo aja salah satu dari rombongan kita ada yang bisa nyanyi ditempat ini, mungkin bakalan lebih keren lagi gatau sih efek kerenya dimana tapi kata Gate-nya bisa jadi nilai plus buat ngerasain suasananya. Oke, lanjut cus ketempat terakhir, Pasar malem Qatar! Eits, tapi namanya Souq Waqif. Disini kita cuma dikasih waktu 45menit. Bakalan ketemu lagi dititik yg sama, kalo ada yg telat kembali lagi ke pesan mas Gate-nya. Jangan telat, jangan ngerugiin yang lain. Pesawat bisa aja ninggalin kalian gitu aja. Tempat ini kaya foodcourtnya Qatar, dari jajanan pinggir jalan sampe restourant bintang banyak hahha. Jadi ceritanya, ini bule Zerman mau traktir gue makan dan beli sovenir lucu. Tapi gue bilang mendingan kita jajan di pinggir jalan aja hemat waktu, kalo makan di restoran yang ada kita malah boros waktu dan bisa telat balik ke bis. Akhirnya kita coba muter-muter cari atm tapi gak ada yg mau keluar duitnya, coba cari moneychanger buat tuker uang euro tapi ga nemu. Pas kita tanya emang gada moneychanger ternyata disana, jadi tipsnya kalo mau ikut city tour ini lebih baik nuker uangnya pas di airport aja, lebih efisien. Jadinya kita ga jajan deh disana, atm guepun juga ga bisa keluar. Payah. Oiya ini foto-foto di Souq Waqif.

Oiya, pas didalam bis kita dibagiin air mineral gitu, lupa gue foto. Air mineral ukuran kecil 200ml kalo ga salah, dan katanya air mineral tersebut lebih mahal dr bensin!!!!




Yak, saatnya kembali ke bis dan balik ke hotel?! Lah, maksud saya airport bu. Perjalanan ke airport gajauh, sekitar 15 menit udah sampe bandara lagi. Sampainya di bandara kita ditinggalin gitu aja sama gate dan bisnya. Mereka bilang kita tinggal masuk aja ke Airport dan bilang abis ikut Citytour, inshallah bisa masuk lagi kedalem bandara haha. Karena kita ditinggalin gitu aja di Bandara, ini bule Zerman tiba-tiba bilang sama gue (percakapan ini dgn bhs.ingrs ya)

👨: hey, mereka tinggalin kita disini. Berarti kita masih bisa nih keliling Doha tanpa visa.
👩: ha? Eh iya jugasih, tapi kita pergi naik apa? Berdua aja? Tapikan taksi mahal disini. Udah masuk aja, aku ga mau macem-macem ah. Ntr ga bisa masuk airport malah jadi bahaya
👨: Tapi ini lumayan loh kita bisa keluar airport tanpa visa
👩: yauda, kalo kamu mau pergi, pergi aja aku mau masuk kedalem
👨: mmm, yaudadeh aku ikut kamu aja
👩: 😒😒😒

Kalian bisa ngutipkan apa maksud dr percakapan diatas?! Yup, kayanya kalian bisa tuh nambahin waktu jalan-jalan kalian disana tanpa visa. Tapi guesih ngeri aja, kan imigrasi pasti ada jam kluar masuk kita. Sedangkan kita cuma dikasih waktu 4jam aja. Kalo misalnya kita lewat dari 4jam kan bakalan ketauan dan nanti ditanya-tanya. Secara sistem keamanan mereka ketat banget. Oiya, waktu gue mau masuk lagi ke bandara aja? Gue kaya ditahan gitu. Karena waktu diajak ngomong  sm petugas imigrasi gue sambil becanda sama si Bule-_- haduuuehhh untung masih bisa masuk lagi. 

Jalan-jalan selesai, waktu gue masih ada beberapa jam lagi disini. Waktu gue abiskan ngobrol sama si bule, sambil makan Asian food didalem bandara dan nemenin dia beli beer. Abis itu kita pisah babayy karena gue mau solat dan dia mau istirahat balik ke kamar hotelnya yg ada di bandara. Nothing special abis gue solat, karena gue ga bisa tidur dan bosen. Waktu udah nunjukin jam 5. Gue coba liat layar tv yg deket mushola, dan menunjukan kalo gue harus udh ke Gate xx. Yap! Turki, I'm coming.

Next ke blog selanjutnya ya!

0 komentar:

Posting Komentar