Selasa, 24 Januari 2017

Terbang dengan AeroMexico ke Mexico!


Alhamdullilah, akhirnya yang ditunggu datang juga. 

Saatnya saya meluncur ke Mexíco! Sesampainya saya diturki, pas keluar dari pesawat. Tiba-tiba gue ga semangat karena bandaranya jelek:( kok jeleksih:( padahal dari kemarin liat bandara pada bagus-bagus Indonesia juga bagus, bersih pulak. Kok ini kaya udah tua, ubinya dekil:( gak ada bagus-bagusnya sama sekali. Padahal ini airport setau gue airport tersibuk karena untuk penerbangan asia, europ dan amerika. Sambil jalan saya langsung ke bagian Imigrasi dan menyerahkan E-visa turki yg udah gue bikin di bulan November, masa berlaku visa 180hari dengan masa tinggal 30hari. Waktu itu gue bikin dibulan November tapi dengan masa tiba tanggal 1 Desember, sehingga masa berlaku visanya sampe tanggal 30 Desember. But, gue cuma di Turki 6jam aja. Visa gue print karena akan di stempel dan di scan oleh bagian imigrasi. Setelah selesai  proses imigrasi gue langsung cus langsung ke tempat bagasi buat ambil koper. Karena gue ga transit di Turki jadi gue harus keluar imigrasi, ambil koper, dan check-in lagi. Sebelumnya hal yg sama juga gue lakuin di Malaysia, keluar imigrasi trus ambil koper, trus check-in lagideh. 


OMG, I'm on Turky, God i have a dream when in Primary School i wanna go to turki and now I'm in turky, alone:') Ya walaupun cuma beberapa jam aja disini tapi gue seneng banget bisa nginjekin kaki gue ke Turki dan gue udah berada di luar bandara. Mau ngerasain sejuknya dan dinginya Turki hahaha, tapi masih ga jauh kok dari bandara, gue cuma jalan-jalan keluar airport bentar banget trus balik lagi masuk kedalam bandara. Bingung mau ngapain soalnya cuma ada waktu 5jam di turki (waktu sejam udah abis buat ngantri di imigrasi dan nungguin bagasi), sedangkan 2jam sebelum flight harus udh di airport. Seperti biasa bangku yg gue dudukin ga jauh-jauh dari tempat check-in. Waktu gue abisin buat buka-buka medsos, baca blog traveler dan vidcall sm keluarga dirumah. Setelah gue liat di layar tv kalo gue udah bisa check-in, langsung buru-buru ngantri dan coba request tempat duduk deket jendela, eh ternyata bisa!yeay. Pas yg di Qatar guejuga pengen sebenernya duduk deket jendela tapi lupa request karena masih newbie, maapin ya hehe. Penerbangan kali ini adalah IST-AMS-MEX. Tiket yang gue dapet langsung 2 (sama kaya Qatar karena untuk transit) yaitu tiket IST-AMS flight dengan KLM dan AMS-MEX dengan Aeromexico.




Sebelumnya yg gue tau KLM itu pesawat yang lumayan bagus. Gue cerita sama si Andre (Bule Zerman, yg gue ketemu di Doha), kalo abis ini gue naik KLM, terus gue tanya kira-kira percakapan gue begini...

*percakapan ini dengan bhs inggris ya*

👩 : pesawat KLM tu kaya gimana katanya bagus gitu ya? 

👨: behhh boro-boro! Mending QatarAirways kemana-mana, gue sekali naik KLM terus ga mau lagi.
👩 : Ah masasih? Katanya itu pesawat bagus.
👨: Ngerasain aja nanti ya, ga nyaman banget deh.

Percakapan tentang KLM selesai, dan akhirnya beberapa jam lagi saya akan merasakan pesawat KLM yg kata si bule Andre biasa aja. Tiket dapet, akhirnya saya kebagian imigrasi lagi buat meninggalkan Turki. Selesai proses imigrasi, gue laper. Cari makanan yang ada Nasinya. Mehong-mehong. Iya namanya juga Airport. Mana lagi kepengen banget makan Nasi:( mau makan burger dan sejenisnya takut ditolak sm perut. Gue makan di resto Asia Food gitu. Enak, porsinya banyak. Ya lumayanlah, jd ga rugi-rugi banget beli mahal tapi kenyang. Kira-kira gue makan itu TRY 29. Nasi+2ayam+1air mineral. Jiwa mahasiswa, ga mau rugi. Tetep. Sejam lagi udh siap boarding, masih ada waktu buat solat. Cari-cari mushola, musholanya jauh.....ada diujung. Selesai solat pas liat jam kira-kira tinggal setengah jam lagi. Langsung gue lari buat cari Gate penerbangan. Jauh juga, capek. Tips guesih, mendingan kalau mau solat kalian masih punya waktu 1 setengah jam sebelum pesawat brangkat; biar ada waktu 30 menit buat wudhu, solat sm doa. Tapi posisinya udh lewatin imigrasi ya! Jgn masih diluar bandara. Kalo masih diluar bandaramah ya Waullohualam.


Saat pengecekan tiket di Gate, kira-kira percakapannya begini

👧 : Tujuan terakhirnya kemana mis?
👩 : Mexico mis
👧 : Ada tiket pulangnya?
👩 : Oh ada kok bentar ya  (ngeluarin prinan ringkasan bookingan E-tiket pesawat yg udh gue siapain dr rumah)
👧 : ada kartu tanda penduduk Indonesianya?
👩 : oh, ada kok. ( keluarin KTP)

Prosesnya lama, dan gue disuruh duduk dulu. Padahal yg lainya cuma cek tiket aja langsung disuruh duduk. Sekitar 5 menit, gue dipanggil lagi dan udah bisa terbang ke amsterdam! Yeay. Oke, pesawat KLM yang gue naikin kaya Lion Air. Iya, 11 - 12 ternyata sama Lion. Bisa dibayanginkan gimana? 4jam lebih terbang tanpa hiburan di dalam pesawat. Pramugarinya tua, gada yang muda. Selama didalem pesawat gue tidur, sampe ga berasa kalo itu pesawat mau take off atau udh diatas awan. Sumpah ngantuk banget. Bangun-bangun udh mau landing 1 jam lagi. Nah ininih yg gue ga suka dari servicenya KLM. Jadi ceritanya 2jam setelah terbang dapet makan, tapi kok gue ga dibangunin ya saat jam makan. Beda sama Qatar yg ngebagunin gue dan ngingetin kalo saatnya time buat makan. Akhirnya gue panggilah itu Pramugarinya, dan bilang kalo gue tadi tidur jd gak dapet makan. Trus gue langsung di kasih pasta organik (menu saat itu). Berhubung gue udh kenyang plus gue juga ga mau rugi. Jadi pastanya gue taro dalem tas, dan dimakan nanti pas transit dibandara atau pas didalem pesawat Aeromexico. Beberapa menit lagi saya akan berada di bandara Schiphol. Masih ga nyangka, gue pergi jauh banget dari rumah:"""""""""")

Saat gue keluar pesawat, gue langsung cari petunjuk arah buat transit. Karena gue gamau nyasar dan gamau salah, gue selalu nanya sama petugas bandara. Seperti biasa kalo transit cek barang bawaan dan cek body. Liat layar tv buat cari Gate gue selanjutnya, trus gue jalan lagi buat menuju Gate, deket ga jauh tapi pas sampe gaa orang masih sepi. Karena masih sepi gue sempetin buat jalan-jalan sebentar trus dapet posisi yg gue suka banget dibandara ini, ini dia posisinya hahha.



Bandaranya rame banget, tapi semuanya teratur. Senengdeh liatnya. Balik lagi ke Gate ternyata udah lumayan rame. Gue duduk dan merhatiin semua orang-orang Mexico ini, rata-rata mereka orang Mexico karena speak spanish, mukanya juga latin-latin gitu. Ada yang aneh saat gue nunggu boarding, cuma gue yang pake Hijab! dan mata mereka semua tertuju padakuuuuuuuuuu hiks. Sedihsih, tapi saya bukan teroris kok:( 

Saatnya meluncur! Pesawat Aeromexico ini bagus banget! sebelum masuk pesawat saat dipintu pesawat ada pramugari yang menyediakan headset, koran, majalah dll sebagai media hiburan selama di pesawat. Gue? gue ambil headset aja mau baca koran juga ga ngerti artinya apaan, oiya gue sempet  foto pesawatnya, tapi pas nyari digaleri kok gak ada ya:(  Kalau kata guesih masih bagusan Aeromexico untuk pesawat dan pelayanan mereka dari pada QatarAirways. Gatau kenapa penerbangan dari Turki ke Mexico sangat melelahkan buat gue, karena gue ga tidur pas di Malaysia dan di Doha. Jadi pas perjalanan Malam dari Turki ke Netherlands dan dari Netherlands ke Mexico gue coba buat mengistirahatkan tubuh gue dengan bobok. Get Lucky! gue duduk deket jendela dan samping gue kosong, sampingnya lagi ada perempuan cantik, gajauh beda cantiknya sama gue hahaha. Sebelum pesawat take off mba-mba pramugarinya bagiin Amenity Kit, isinya odol, sikat gigi, dan eye shade. sama bagiin kertas yg ada di foto itu jugatuh kertas itu form tujuan perjalan ke mexico mau kemana ngapain tinggal dimana dan bakalan ninggalin mexico kapan kira-kira begitu.




Gue ngantuk banget dan pengen bobok di dua kursi ini akhirnya gue coba bilang bilang sama si bule cantik kalo gue mau tidur dibangku kosong ini gapapa yaaaa, dan dia bilg iya gapapa selamat beristirahat. Kira-kira gue tdur 3jam, trus pramugari ngebangunin gue kalo udah jam makan malam, dan gue disuruh pilih menu mau ayam atau daging. Gue pilih ayam, kalo daging gue gatau itu daging apaan hahaha.


Selesai makan, gue coba ngotak ngantik tv. Nonton sebentar aja karena ngantuk dan bobok lagi. Melek, makan ngemilin roti (roti ini dibagiin lagi), tidur, makan lagi. Nahh makanan kali ini tiba-tiba udah ada di depan mata gue. Pas bangun tidur ehh ada makanan. Gue coba tanya sebelah gue ini daging apaan tapi dia gatau. Akhirnya gue coba jalan ke lorong buat nanya pramugari kalo itu daging apaan. Pas gue lagi jalan gitu, penumpang yg lagi pada makan matanya langsung tertuju padakuuuuuuuu. Hmmm, iya gue paham iya elu semua pada ga pernah liat orang berhijab iya, tapi biasa aja sih kenapa pada serentak gitu ngeliatin guenya:(

*percakapan ini dgn spanish dan inggris haha*

me: maaf, makanan ini menunya apa ya?

you : halo mis roti, yogurt dan daging babi (sumpah ini pramugari ramah banget, semua pramugarinya ramah banget kalo kata gue! good service!)
me :  ada menu yang lain? karena saya ga bisa makan daging babi.
you : maaf, hanya ini aja.

Saya lemes, lapersih egk, tapi pengen ngemil aja gitu. Akhirnya saya balik lagi ke bangku. sebelah saya tiba-tiba  ngomong


you: daging apa?

me : babi, dan saya ga bisa makan babi (lalu terlintas dipikiran saya), mm mau tukeran makanan gak? saya kasih daging saya kekamu, tapi kamu kasih roti kamu ke saya gimana?
you: ohh boleh kok
me: wahh thankyou ya.

Alhamdullilah, lumayan banget. 

Mungkin 10 menit setelah gue selesai makan tiba-tiba hidung gue mengeluarkan darah. Gue panik dan ambil tissu di tas, karena gue ga pernah mimisan. Sebelah gue yang panik ngeliat gue langsung nyuruh gue kekamar mandi, tadi gue berdiri aja semua mata langsung ngeliatin gue, gimana ini kekamar mandi trus banyak darah dari hidung hufhufhuf. Pas jalan ke kamar mandi ada pramugara yang lagi ngumpulin bekas makanan dan langsung nyamperin gue dan coba memastikan kalo gue baik-baik aja.

you : miss gapapa?

me : iya gapapa, tapi saya mau ke kamar mandi dulu karena darah saya sudah banyak.
you : baik, kalau ada apa-apa tolong hubungi kami.
me : si, gracias.

selesai dari kamar mandi, pramugara tadi datengin gue lagi


you : semuanya oke miss?

me : iya, sudah tidak keluar darah lagi
you : mau sesuatu miss agar bisa lebih relax, mungkin miss kelelahan.
me : susu saja trimakasih.

trus gue jalan ke bangku dan ga lama pramugara tersebut kasih gue susu.

Ahhhhhh yang tadinya panik jadi agak mendingan karena dapet perhatian hahhaha hoek.
Akhirnya pesawat saya landing dan sudah di Mexico. Masih terbayang sampe sekarang pengalaman iitu hikshikshiks.
Ngantri dibagian imigrasi, gue doang yg pake kudungan, semua org ngeliatin, mana panjang banget. Selesai imigrasi ambil koper dan ketemu kamu!
Ohh God, I miss that moment:')






0 komentar:

Posting Komentar