Senin, 28 Agustus 2017

17 Agustusan di Mexico City

Masih jam 8.00 a.m rasanya ingin cepat mandi, tapi karena cuaca dingin jadi malas keluar kamar. Main hp sambil nunggu cuaca sedikit hangat sepertinya malah ngabisin waktu gue selama 25menit. Hari ini adalah hari terakhir gue di Mexico city, gue tinggal di Puebla 3 jam perjalanan ke Mexico City. Sebelum pulang ke Puebla, gue memang merencanakan pergi ke kedutaan merayakan hari kemerdekaan Indonesia yang ke 72 tahun. Acara dimulai jam 10.00 tapi jam sembilan gue masih di hostel dan belum check-out, padahal semalem udah niat sebelum jam sembilan udah harus otw :(

Jam 09.15 gue otw naik bus listrik, sattle ga jauh dari hostel dan ga jauh juga dari kedutaan. Sebelum naik bus, gue menukar uang receh untuk bayar bus $ 4 mxn . Anyway kalau ke mexico city trus mau naik bus litrik harus pakai uang pas ya, karena mereka ga menyediakan kembalian even mereka punya receh setople. Oiya sekalian deh gue infoin biaya yg harus dikeluarin saat menggunakan transportasi umum di CDMX (Ciudad de México City)

- Trolebus ( bus litrik ) $ 4 MXN Pesos
- Metro $ 5 MXN Pesos
- Metrobus $ 7 MXN Pesos
- Bus Biasa $ 6 MXN Pesos 
- Taxi $ Mahal
- Uber $ Mahal
- Jalan kaki $ Gratis

Balik lagi ke topik, untuk menuju kedutaan dengan bus listrik gue turun di Auditorio deket Chapultepec. Nah kalau ada waktu, sekalian main ke Chapultepec tempatnya bagus gue recomended banget. Belum sempet nulis pengalaman waktu pergi ke Castle Chapultepec :(
Waktu sudah menunjukan jam 10.10 lari lah gue dan nyampe 10.17 di kedutaan. Acara sudah mulai gue ga bisa ikutan baris di lapangan dan cuma bisa liat dari deket gerbang. Kedutaan Indonesia lumayan besar di CDMX, jadi inget waktu kekedutaan Mexico di Jakarta yang cuma seperempat lantai di gedung menara mulia hahaha.

Belum pernah gue ngerasain upacara seserius kemarin, rasanya beda banget ternyata upacara di luar negeri. Gue kangen Indonesia, kangen jakarta, kangen ngomong pake bhs indo, kangen makanan, dan yang pasti kangen rumah banget. Setelah pemotongan nasi kuning tumpeng upacara pun selesai, alhamduliilah bisa ketemu dan kenalan sama temen-temen dari Indonesia seneng banget rasanya. Sesi foto-foto sama duta besar Indonesia dan tamu-tamu yang lain. Ini adalah foto kedutaan Indonesia, ternyata disini ada kamar juga, katanya sih untuk tamu atau penduduk Indonesia yg siapa tau mau nginep disini hahha.




Gue disini ngerasain lagi hangatnya orang-orang Indonesia, even ga kenal tapi tolong menolong dan rasa empati masih ada. That's way i love Indonesia. Jadi ceritanya gini, gue dapet informasi katanya abis upacara ada acara makan-makan. Nah kebetulan tuh gue laper banget belum makan, sengaja ga mau sarapan di hostel biar bisa makan sepuasnya disini. Eh tapi kok gada meja prasmanan ya, orang yang kerja di kedutaan lagi pada makan nasi kuning lahap-lahap bener buset perut gue keroncongan hahaha dalam hati ngomong ya kali gue minta nasi tumpeng itukan buat orang-orang kedutaan sedangkan banyak juga masyarakat Indonesia disitu. Salah satu ibu yang lagi makan manggil gue..

Ibu : dek, mau makan gak?
Gue : iya mau bukk (dengan semangat 45)
Ibu : Itu ambil aja di dapur, masih banyak. Belum dikeluarin prasmanannya karena udah keburu jam 10.
Gue : Oh boleh buk? makasih ya bu.. (semangat banget gue sumpah, kangen makan indo:(

*keluar dari dapur*

Ibu : sudah dek?
Gue : Sudah bu, nih saya ngambil sate 7 hahaha 
Ibu : Makan yang banyak, kalo kurang nambah lagi..
Gue : Siap, makasih buk (muka bahagia)

Makan sambil ngobrol dengan masyarakat yang lain, hmmm i miss home.
Bahkan ada yg tinggal sampai 30th, asli sumba pertama kerja di KBRI trus resaign dan nikah sama citizen sana. Lagi asik-asik ngobrol ternyata prasmanannya sudah siap santap tapi diriku sudah makan hahaha

That's my story, next bakal cerita lagi.
Mager eyyyy nulis hahaaha


4 komentar:

  1. Haloo mba.. Salam hangat dari Surabaya.
    Saya sgt tertarik tentang kebudayaan Meksiko dan sangat ingin kesana..tp banyak teman yang bilang bahaya, apakah betul berbahaya disana?
    O iya skalian diperbanyak dong tulis pengalaman tentang meksikonya..
    Im really" interest about mexico, thanks for your sharing too..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hola Mr.T. Salam hangat dr Jakarta (saya sudah pulg:()
      Sebaiknya jgn menilai sesuatu dr luar, dirasakan aja dulu br dinilai baik/buruk. Benar bukan? coba main kesana, tiketnya murah kok, rajin2 buka travelonline *racun! Semoga tahun depan kita bisa brangkat bareng kalau mau haha.
      Nanti aku tulis lg ya, mau nulis bgt, tp malesnya ituloh:(

      Hapus
    2. Hello Mba.. salam kenal.. aku Christina.. mohon bagi no whats nya donk.. makasih yoo

      Hapus
    3. Please jgn lupa inbox no whats nya ya mba.. aku tunggu... makasih banyak

      Hapus