Senin, 26 Juni 2017

Membuat Visa Meksiko, How To Make Visa Mexico in Jakarta Part 2

Alhamdullilah, bisa buat visa meksiko lagi.

Yap. Gue akan berencana ke meksiko sebentar lagi. Kali ini gue pergi dalam waktu yang cukup lama. 2 bulan lebih.
Setelah penantian panjang, akhirnya gue memutuskan untuk terbang ke meksiko lagi.
Karena sebelumnya gue udah pernah buat visa meksiko jadi ga ada yang perlu gue tanyakan lagi ke kedutaan. 

Pengalaman pembuatan visa meksiko pertama ada di blog pertama gue

http://selamatpagipulpen.blogspot.co.id/2016/10/cara-membuat-visa-mexico-di-jakarta.html

Semua dokumen sudah lengkap

- Copy my and inviter ID Citizen
- Copy my student card
- My and inviter bank account (with stamp bank BCA)
- Invitation letter
- Paspor inviter
- Letter from university
- Letter from Office
- Letter about salary
- Birth certificate
- Family certificate
- Booking hostel
- Ticket flight roundtrip (sudah issued)
- Intenary

Untuk formulir aplikasi visa bisa didapatkan di website.

https://embamex2.sre.gob.mx/indonesia/index.php/id/pelayanan-konsular/visa

Sebelum download formulir visa, mohon di cek dokumen apa saja yang perlu di persiapkan. Kalau sudah yakin dan dokumen sudah lengka, bisa download formulir visa dan di isi biodata diri sesuai dengan kolom-kolom yang ada. Bisa diisi di pdf langsung atau di print lalu diisi pakai pulpen. Kalau gue priper isi langsung di pdf. Selesai isi, lalu print.
Oiya, sesuai informasi yang gue dapet. Dihalaman kedua formulir tersebut ada signatur untuk orang tua. Nah, kalau kalian sudah kerja dan bisa menghidupi diri kalian sendiri ttd orang tua tidak diwajibkan untuk diisi. Ttd diisi untuk umur 17tahun kebawah.
Pada pengajuan permohonan visa pertama gue, gue isi ttd orang tua gue. Tapi untuk yang kedua kalinya gue gak isi karena ga diwajibkan.

Semua dokumen sudah siap dibawa ke kedutaan meksiko.



Jalan Jendral Gatot Subroto Kav 9-11 Lt.23

Karet Semanggi, Setiabudi, RT.2/RW.4 

Karet Semanggi, Kota Jakarta Selatan 

Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12930



Sampai disana, saya melihat satu perempuan dan satu laki-laki yang sedang berbicara dengan staff kedutaan. Setelah mereka pergi staff tersebut pun mendatangi saya, dan duduk disamping saya

S: Staff
L: Saya

S: ada yang bisa saya bantu mba?
L: oh iya mas, saya ingin membuat visa dan ini dokumen pendukungnya.
S: oke, saya cek dulu ya
*ngecek dokumen sambil ngobrol*
S: kartu keluarga sama akte kelahiran gausah dilengkapi, ini ambil aja lagi. Oiya rencananya mau stay dimana? 
L: Oh gitu, oke. Di puebla, mau stay disana sama pacar dan ngikutin kegiatan dia. Biar lebih kenal satu sama lain lagi sih. Karena udh lama ga ketemu. Btw, mas yang suka terima telepon ya?
S: Iya, kenapa mba?
L: Gapap mas, kemarin waktu saya buat visa yang pertama mas ngebantu banget. Baik banget mas-nya.
S: Hehe, makasih ya. Mmm bentar ya mba, saya bawa dokumen ini ke konsuler dulu nanti saya balik lagi kesini.
*nunggu kepastian*
S: Mba, kata konsulernya pacar mba suruh telepon kesini soalnya ada yang mau ditanya sama konsuler.
L: Ha? tetang apa ya mas?
S: Tetang bank account, karena mba kan cukup lama disana dan sekarang emang lagi ribet banget tentang bank account yang mba dan yang dia punya.
L: mmm, gitu ya. yauda. Trus nanti abis telepon gimana lagi? saya harus kesini lagi kapan ya?
S: oh, nanti itu pas selesai konsulernya ngomong aja sama pacar mba.
L: Yaudadeh, nanti saya kesini lagi. Makasih ya mas.

Karena perbedaan waktu 12 jam dan pas sampe kantor dia sudah terlelap tidur dibelahan benua sana. Akhirnya saya memutuskan untuk telepon besok pagi. 
Bersyukur saya kerja dikantor yang ga pernah ngecek tagihan telepon hahaha, jadilah saya memanfaatkan fasilitas yang ada dikantor dengan menelfon keluar negri dan menelfon kedutaan pagi ini sekitar jam 11. Tapi, susahnya itulohhhhh nelfon keluar negri dengan direct ke indo. Setelah berusaha selama satu jam, akhirnya bisa juga nelpon bertigaan. 

S: Staff
L: Saya
D: Dia
K: Konsuler

S: Halo, kedutaan meksiko
L: Halo, mas ini selamatpagipulpen. Ini sudah tersambung mas sama pacar saya. Halo, mi amor.
S: *ngomong bahasa spanyol*
D: *ngomong bahasa spanyol*
S: Mba nanti telpon 10 menit lagi ya, konsulernya masih ada tamu
L: Ha? nanti susah lagi mas nyambung bertiganya, saya tungguin ajadeh gapapa.
S: Oh yauda, saya hold aja ya.
L: OK.
*karena di hold, yauda gue ngobrol aja sama pacar gue. Ga nyampe sepuluh menit kita langsung disambungin ke konsuler*
S: Mba, saya sambungin sekarang ya
L: Ok, thankyou ya mas.
K: Halo
L: Hola, this my boyfriend you can talk with him now.
D: Hola, buenas dias
*mereka berdua ngobrol dan gue cuma dengerin doang. 30 menit mungkin ada mereka ngobrol. Setelah konsuler mematikan telepon gue langsung ngobrol sama dia*

Inti dari segala inti percakapan konsuler dengan pacar gue adalah kedutaan maunya bank account pacar gue ada stamp dari bank, ttd menager bank tsb dan 1 tahun kebelakang rekening tabungan yang dia miliki. Ada permohonan konsuler yang ga bisa kita terima karena memakan waktu. Konsuler minta kertas asli dari bank yang udh di stamp dan di ttd untuk dikirim ke Jakarta, yap dikirim dari meksiko ke Jakarta. Alhamdulilah, setelah debat sama konsuler akhirnya kedutaan bisa terima dalam bentuk scan dan di print disini....fiuhhhh. Semua itu karena gue stay cukup lama jadi konsuler mau kalo gue bakalan baik-baik aja trus pulang dengan selamat, satu lagi karena tabungan gue yang ga cukup buat stay hampir 3 bulan, padahal kalo diitug-itung ga ngepas banget tabungan gue ditambah juga dengan uang dia. Yaudahlah syaratnya begitu. Pagi diwaktu meksiko, setelah pacar gue dari bank dia telp gue dan bilang kalo dia udah dapet semua yang dibutuhin konsuler, tapi dia ga bisa ngeprint tabungan 1 tahun kebelakang, dia cuma bisa print 3 bulan dan dia minta tolong sekalian ke pihak bank untuk print semua saldo kartu kredit yang dia punya dan minta gue suruh cek email untuk lihat semua hasil scan dokumen yang dia dapat.

Pagi di waktu jakarta, gue kembali ke kedutaan dengan bawa dokumen yang diminta.
Staff yang kemarin pun menghampiri saya.
S: Hai mba, gimana? 
L: *sampe staf-nya inget gue banget hufff* Iya mas, ini dokumenya
S: Kemarin konsulernya minta aoa aja? soalnya saya ga dikasih info 
L: ohh, dia minta bank accountnya di ttd sm di stampel. Ini ttd sama stampelnya *ngasih unjuk* sama ini ada kartu kredit yang dia punya lengkap semua disini dan udah di ttd plus stampnya disini *ngasih unjuk lagi*
S: Oke deh, tapi konsuler lagi gada disini, kemungkinan hari senin saya kabarin.
*hari ini adalah hari rabu, kamis hari libur hari jumat hari kejepit. Kedutaan ini suka ada hari libur kejepit, so hari jum'at mereka libur. Hal ini sudah biasa buat kedutaan meksiko, jadi kalo hari kejepit pasti mereka off/libur*
L: Hmm, iya mas hari kejepit ya? soalnya waktu itu saya juga oernah telpon dihari kejepit tapi gada yang angkat. huff. baiklah. Saya tunggu kabarnya ya. Saya kesini atau di telpon?
S: Di telpon aja mba.
L: Oke mas, thankyou yahhhhhhh.
Pulang masih dengan tangan hampa, sedih rasanya belum bisa dapat kepastian.....

Gelisah nungguin hari senin takut ketolak lagi, akhirnya saya memutuskan untuk meminta surat undangan lagi kepada sepupu, paman dan calon mama mertua hehehe. Alhamdulillah mereka selalu support saya.

Hari senin saya ke kedutaan membawa print surat undangan. Saat saya datang ada ibu dan anak yang sedang menunggu. Tidak lama saya duduk staff tersebut datang dan memanggil saya

S: ada apa mba?
L: Ini mas, saya bawa invitation letter lagi lengkap dengan id citizen punya sepupu, paman dan mamanya. Semoga semua dokumen sudah lengkap huhuhu *pasang muka melas*
S: *ngecek* yauda mba hari ini saya infoin ya
L: saya tunggu sini aja atau nanti di telpon?
S: telpon aja mba, konsuler belum dateng.
L: oh, okedeh saya tunggu ya. Makasih bangettt
S: Oke, sama-sama.

He really so humble dan ngertiin gue banget. Kalo kata guesih the best lahh pelayanan mas ini.

Sampe siang belum ada kabar. Jam 11 sama jam setengah 1 telpon tapi belum ada jawaban karena konsuler masih belum dateng. Akhirnya jam 13.10 gue dapet telpon dari mas staff dan semua dokumen gue sudah diterima dengan baik, hari rabu datang jam 10 dengan membawa bukti pembayaran visa. Ahhh, finally!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! 

Hari rabu tiba gue sampe menara mulia sekitar jam 9 lewat. Langsung menuju kantor cabang bca di dalam gedung menara mulia lantai 1 dan melakukan pembayaran sebelum datang ke kedutaan. Sekita 15 menit pembayaran pun sudah berhasil dilakukan. Yap! saatnya ke lantai 23.
Setelah tiba dikedutaan, suasana cukup ramai. Ada sekitar 6 kursi disana dan diisi oleh 3 orang. Setelah gue perhatikan muka mereka, kok kaya ada yang gue kenal ya...
Kayanya muka perempuan ini ga asing deh, coba-coba cek email dan ternyata perempuan tersebut pernah email gue tentang pembuatan visa, dan akhirnya kita ngobrol deh. 
Seneng banget rasanya gue bisa bantu dia tentang informasi pembuatan visa meksiko. 
Tidak lama kemudian, mas staff datang dan meminta pembayaran visa ke saya. Setelah menunggu beberapa menit satu persatu dari kami dipanggil untuk melakukan sesi foto dan finger print. Saat gue dipanggil, gue masuk ke dalam ruangan tersebut.

L: Mas, bukanya yang wawancara yang bule itu ya? yang badanya agak gemuk
S: Iya, saya cuma fotoin kamu sama finger print aja
L: oalah, kirain saya mas juga. Makanya saya bingung soalnya kemarin yg wawancara si bule itu
S: Hehe, egk kok. Bukan wewenang saya, ayo foto dulu...buka dulu ya..
L: Iya jilbabnya kan? hmmmm 
*ternyata tradisi lepas jlbab untuk foto visa meksiko masih berlaku hmmmm. Setelah sesi tersebut ngobrol bentar dan balik lagi keruang tunggu*

Ngobrol sama perempuan tadi dan berbagi pengalaman perjalanan meksiko sebelumnya sangat menyenangkan. Wajah penasaran dan deg-degkan perjalanan jauh ternyata, bukan gue aja yang ngerasain tapi dia juga, dan kita seumuran ternyata hahaha. Setelah ngobrol banyak sekitar hampir setengah jam satu persatu dari kita dipanggil untuk melakukan wawancara.

Giliran saya pun tiba.
K: Halo, good morning, how are you?
L: Fine, thankyou.
*wawancara, tanya-tanya mau apa disana, ngapain aja, kenal dimana, kemarin kemeksiko ngapain aja, jalan-jalan kemana. Percakapan ini pakai bahasa inggris dan sangat warm banget ada ketawa-ketawa gitu. Untung aja gue ga terpikat sama dia hahhaha*
K: Oke, you can wait 15 minuts.
L: Gracias.

Yap, gausah nunggu lama. Sekitar 15 menit mas staff panggil nama kita satu-satu beserta dengan paspor kita. 

S: tolong di cek nama, nomor paspor dan tanggal lahir di visanya kalian ya. Selamat datang di meksiko dan selamat berlibur.

Yipi.......!!!!!!!
That's really nice! I come back soon!
Setelah melewati ala-ala drama, sampe 3 kali balik ke kedutaan. Kedatangan ke empat kali akhirnya saya bisa pulang dengan membawa visa.


Visa meksiko, visa mexico

Ps:
Sebelum datang ke kedutaan, sebaiknya telepon! karena mas staffnya baik banget dan selalu ngebantu. Jangan kaya gue, mentang-mentang udah pernah buat visa meksiko trus jadi sotoy. Karena kita ga pernah tau bakalan ada update terbaru apa untuk permohonan visa selanjutnya supaya dokumen pendukung bisa diterima nantinya. Inget, pokoknya harus telepon.
For more information, email : bafrisyaw@gmail.com
oiya btw kalo ada yg mau ke meksiko lagi info yaa! inshaallah saya bisa sharing pengalaman :). Satu lagi, mas-mas yg ini akhir agustus kemarin sudah resign. Jadi gue gatau penggantinya bakal sehumble dia atau egk. hufff

kalian juga bisa baca pembuatan visa meksiko gue di tahun 2018.
http://selamatpagipulpen.blogspot.com/2018/06/cara-membuat-visa-mexicomeksiko-2018.html?_sm_au_=iVV4NQQRBpZjrMS3

5 komentar:

  1. Membantu banget mba....ternyata bukan aku saja yang terpikat cowok meksiko.dengan isu yg kurang baik tentang negara meksiko banyak yg ngasih warning buat prgi ke meksiko....rencana januari 2019 kalau gak ada halangan inshaallah ke sana. Nanti saya tanya2 ke mba soalnya kalau itu terealisasi bakalan jadi penerbangan 1 saya��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo!
      baiklah saya tunggu pertanyaannya nanti, semoga jadi ya dan tetap setia satu sama lain!!!:)

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Thanks untuk infonya. Jadi untuk apply visanya kita bisa langsung dateng aja bawa semua persyaratan tanpa bikin appointment dulu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bisa datang langsung kok, kalo mau nny2 bisa bgt email aku ya bafrisyaw@gmail.com. Kapan mau ke sana?

      Hapus